EduChannel Indonesia Blog WeBooks LMS Pembelajaran Video
  • Pencarian
Versi

  • Informasi Buku
  • Pendahuluan
    • Pengantar
  • Membuat Material Alam
    • Materi Batu dengan Gambar
  • Blender 3.6 Modeling
    • Atom Rutherford
    • Modeling Atom Rutherford 2

Membuat Material Batu Berdasarkan Gambar/Image Maps

Tutorial membuat animasi dengan blender 3D; Diperbarui tanggal: 4/09/2025

Pendahuluan

Membuat objek tiruan alam dengan komputer merupakan hal yang sangat sulit dikarenakan ketidak teraturannya. Dalam bagian ini kita akan membuat teksture batu seperti gambar berikut:

Gambar Teksture batu yang akan ditiru

Cara termudah untuk membuat texture menyerupai bantu diatas tentunya dengan meduplikat teksture batu tersebut. Berikut adalah cara membuat teksture batu dengan menggunakan image maps. Sebelumnya kita harus menyiapkan gambar teksture yang akan kita duplikat terlebih dahulu.

Teksture batu yang akan digunakan.

Adapun langkah-langkah seperti berikut:

Membuat Objek Bola

  1. Buka blender 3.6 -> pilih General
  2. Hapus objek kubus dengan menekan tombol x di keyboard -> pilih delete
  3. Tambahkan objek bola dengan klik menu Add -> Mesh -> UV Sphere
  4. Klik kanan objek bola -> pilih shade smooth untuk memperhalus tampilan.
  5. Tambahkan modifier dengan mengklik tombol -> add modifier -> subdivision surface agar bola terlihat lebih halus

Menambahkan Teksture 

Selanjunya kita akan mulai menambahkan teksture batu pada objek bola yang telah kita buat dengan cara:

  1. Tambahkan material terlebih dahulu dengan mengklik tombol -> new.
  2. Ubah nama Material.001 menjadi texture_batu
  3. Klik menu Shading untuk membuka node editor
  4. Seleksi dan hapus Principle BSDF dengan menekan tombol delete.
  5. Tambahkan shader dengan mengklik menu add -> shader ->diffuse BSDF -> klik ke node editor

    Kita juga dapat menambahkan shader dengan cara tekan tombol shift + A di keyboard, kemudian pilih shader -> diffuse BSDF
  6. Tambahkan mix shader dengan cara tekan tombol shift + A ->shader -> mix shader, letakkan diantara diffuse BSDF dan Material output
  7. Tambahkan Glossy BSDF dengan cara tekan tombol shift + A ->shader -> Glossy BSDF, susun seperti pada gambar dibawah.
  8. Hubungkan masing-masing node seperti pada gambar berikut:
  9. Selanjutnya tambahkan image texture dengan cara tekan tombol shift + A ->Texture -> Image Texture
  10. Tambahkan Bump dengan cara tekan tombol shift + A ->Vector -> Bump
  11. Tambahkan ColorRamp dengan cara tekan tombol shift + A ->Converter -> ColorRamp
  12. Tambahkan Mapping dengan cara tekan tombol shift + A ->Vector -> Mapping
  13. Tambahkan Texture Coordinate dengan cara tekan tombol shift + A ->Input -> Texture Coordinate
  14. Susun seperti pada gambar berikut:
  15.  Hubungkan masing-masing node seperti pada gambar berikut:
  16. Tambahkan gambar teksture batu yang telah kita persiapkan pada node image texture dengan menekan tombol open ->pilih gambar teksture -> open image

  17. Tambahkan Mix dengan cara tekan tombol shift + A ->Converter -> Mapping
  18. Tambahkan RGB dengan cara tekan tombol shift + A ->Input -> RGB, Susun seperti pada gambar berikut

  19. Hubungkan masing-masing node seperti pada gambar berikut
  20. Selanjutnya kita tinggal mengatur propertis dari masing-masing node agar teksture batu yang kita buat lebih kelihatan natural.
    1. Ubah propertis image texture sebagai berikut
      • Flat -> Box
      • Blend -> 0.500
    2. Ubah view port menjadi rendered dengan cara menekan tombol Z kemudian pilih Rendered atau dengan menekan menu
    3. Ubah Render Properties dengan mengklik menu kemudian set properties seperti sebagai berikut:
      1. render engine -> cycles
      2. Featur Set -> Eksperimental
      3. Device -> GPU Computed
  21. Kita juga dapat mengatur properties lainnya agar texture yang kita buat menjadi lebih natural.

Selamat Mencoba

 

 

 

Copyright ©2022 #EduChannel Indonesia.
Bali - Indonesia